22 Desember 2007

Instalasi dan Konfigurasi LTSP 4.1.1 Dengan Fedora Core 4 Sebagai Basis Sistem Operasinya.

Tulisan tentang LTSP dan Fedora ini saya buat pada bulan Juli 2005; Isinya sudah out-of-date tapi siapa tahu masih ada yang bisa memanfaatkannya.

————————–

Proof-of-concept instalasi dan konfigurasi LTSP (Linux Terminal Server Project) 4.1.1 dengan Fedora Core 4 sebagai basis sistem operasinya. Selain dari instalasi dan konfigurasi LTSP di sistem operasi Fedora, dokumen ini juga membahas Symbiont Workstation Manager (SWM) 4.1.4, DireqCafe 3.0 dan CD PXES (Universal Linux Thin Client) 1.0 secara satu kesatuan.

Juga dibahas tentang WINE (Wine Is Not Emulator) untuk mereka yang tertarik untuk menjalankan aplikasi Windows di lingkungan Linux/LTSP. Dengan menggunakan WINE maka tidak diperlukan lagi sistem operasi Windows untuk menjalankan aplikasi Windows.

Gabungan dari empat perangkat lunak dan sistem operasi tersebut menghasilkan solusi lingkungan terminal terminal server yang bisa dihandalkan, mudah untuk diimplementasikan dan mudah pemeliharaannya. Bila instalasi dan konfigurasi awal sudah berjalan dengan baik maka untuk memelihara lingkungan LTSP ini tidak memerlukan orang yang ahli Linux. Dengan menggunakan web GUI (Graphical User Interface) maka tingkat pemula-pun akan mampu mengoperasikannya dengan baik.

Perangkat keras yang dipakai untuk klien LTSP sangat dianjurkan pakai kartu jaringan yang mendukung PXE (Preboot eXecution Environment) tetapi kalau tidak punya maka lihat solusi yang diberikan di lampiran A (Boot Klien LTSP dari CD PXES (Universal Linux Thin Client)). Saat ini tidak dicantumkan solusi untuk boot klien LTSP dari floppy ataupun harddisk.

Untuk informasi selengkapnya silakan klik disini

Tidak ada komentar: